Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, meninggalkan dunia untuk surga,.. InsyaAllah

maritime tourism, Historical heritage and cultural resource in Suak Gual, Indonesia (wisata bahari, sejarah dan budaya di pulau mendanau bangka belitung )

Pesona mercusuar tanjung lancor dari laut Pesona pariwisata dan khasanah alam budaya memiliki prospek yang cukup potensial untuk me...

Pergantian UNRI menjadi UR, Masih Setengah Hati




assalamuaaikum sobat sekalian.

Kali ini tulisan saya akan membahas terkait perubahan nama atau singakatan Universiatas Riau yang sebelumnya disingkat UNRI menjadi UR.

UNRI dan Universitas Riau, siapa yang tidak kenal dengan sebutan kampus tersebut. Sebagai kampus pelopor di provinsi riau yang berdiri sejak tahun 1962 dan resmi pada tahun1963. artinya keberadaan universitas riau telah menancap dan mengakar keseantero wilayah riau. begitupula dengan sebutan UNRI yang mewakili nama Universitas Riau, telah mendarah daging ditelinga masyarakat riau dan indonesia.
Namun siapa sangka, singkatan Universitas Riau saat ini telah mengalami pergantian dari UNRI menjadi UR.
kalau pembaca adalah seorang civitas universitas riau, baik itu mahasiswa atau alumni, dengan segala hormat saya ingin bertanya.
sejak kapankah UNRI resmi berganti menjadi UR ? Tahukah kenapa UNRI berubah menjadi UR ?
Terkait peresmian dan alasan perubahan singkatan tersebut pun masih terkesan belum jelas.
Membahas mengenai kapan perubahan nama tersebut resmi dilakukan, saya membaca beberapa sumber yang mengatakan bahwa sebenarnya pergantian nama UNRI menjadi UR telah menjadi kesepakatan dalam rapat senat pada tahun 2008 silam. informasi lain yang didapat adalah dari bapak Ashaludin jalil (Rektor Univ. Riau 2006-2014) yang mengatakan bahwa Perubahan Singkatan Unri menjadi UR sudah dilaksanakan sejak tahun 2011(tribun riau).
beliau menyebutkan bahwasanya ada 3 alasan yang mengakibatkan pergantian singkatan tersebut.
pertama, sering terjadi kesalahan dalam penulisan SK ( menjadi UMRI, UNSRI dan sebaliknya). kedua, pelafalan penyebutan dari warga daerah ( menyebut UNRI menjadi UNDRI). ketiga, adanya kampus swasta yaitu universitas riau kepulauan di batam, sedangkan universitas riau adalah kampus negeri.

berbagai pihak baik mahasiswa maupun alumni pun banyak menyayangkan akan perubahan singkatan tersebut, seperti komentar wakil walikota pekanbaru, bapak ayat cahyadi (riau info) yang mengatakan bahwa bukan nama yang harus dirubah, namun kualitas pendidikan sehingga bisa bersaing dengan lulusan UI, UGM dll. sebagian dari mereka ada yang mengatakan bahwa alasan perubahan tersebut tidak jelas dan tidak konkrit. bahkan ada menyangkut pautkan dengan nilai sejarah UNRI itu sendiri.

Baiklah, sepertinya kita harus berdamai dengan hati dan manut alias nurut dengan perubahan yang dilakukan oleh para ayahanda kita yang saat itu rapat direktorat. mari kita semua berdo'a seiring dengan perubahan nama maka beriring pula menuju kampus yang lebih baik kedepannya.

sebelum menutup tulisan ini, masih ada satu pertanyaan yang belum terjawab.
setelah bertahun-tahun telah berubah, sudah sejauh mana perubahan singkatan tersebut.?
sebagai mahasiswa, sampai dengan detik ini saya masih menggunakan singkatan UNRI ketika berkomunikasi. bagaimana dengan masyarakat riau ? bahkan saya pikir mereka tidak tahu tentang perubahan singkatan tersebut.
okelah, itu hanya masalah waktu dan pembiasaan.

bagaimana dengan perubahan dengan kampus itu sendiri ?
dalam hal surat menyurat yang dikeluarkan oleh universitas riau tentu telah mengalami perubahan, namun masih banyak surat dari kampus lain yang menulis UNRI.
satu hal yang saya sayangkan adalah sekian lama sudah perubahan singkatan namun tidak ada perubahan dalam tatanan website universitas riau yaitu www.unri.ac.id . dalam website resmi tersebut universitas riau masih menggunakan singkatan unri. silahkan saja pembaca untuk cek langsung.
Satu lagi, setelah alamat website yang masih menggunakan singkatan unri, didalam website yang memuat artikel tentang sejarah universitas riau juga masih bercerita tentang universitas riau dengan singkatan unri, belum ada keterangan resmi tentang nomenklatur perubahan dari UNRI menjadi UR.

padahal, seperti yang kita ketahui bahwa ratusan bahkan ribuan orang akan mampir dan berada di website universitas riau untuk mencari tahu tentang universitas riau.

kalau masih ada orang yang belum menerima tentang judul postingan ini, ya anggap saja ini curhatan seorang mahasiswa tentang kampusnya. hehehe.
semoga setiap perubahan bukan lagi hanya sebatas narasi belaka dan setengah hati untuk dilakukan, setengan hati untuk diucapkan, hingga hati ini juga masih setengah dalam merasakan perubahan tersebut.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, mati masuk surga,.. InsyaAllah

Popular