Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, meninggalkan dunia untuk surga,.. InsyaAllah

maritime tourism, Historical heritage and cultural resource in Suak Gual, Indonesia (wisata bahari, sejarah dan budaya di pulau mendanau bangka belitung )

Pesona mercusuar tanjung lancor dari laut Pesona pariwisata dan khasanah alam budaya memiliki prospek yang cukup potensial untuk me...

Lokakarya dan Advokasi Perikanan Nasional

Lokakarya dan Advokasi Perikanan Nasional
Universitas Malikussaleh, Aceh


Assalamualaikum wr wb
kali ini saya akan membagikan salah satu kegiatan yang pernah saya ikuti di akhir 2015 lalu, yaitu Lokakarya dan Advokasi Perikanan Nasional ( Lokadpernas ).
Lokakarya dan advokasi perikanan nasional ( lokadpernas) ini dilaksanakan di universitas Malikussaleh, Provinsi Aceh. kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini merupakan salah satu agenda Tahunan yang bersifat skala nasional dari Himpunan Mahasiswa Perikanan Indonesia (HIMAPIKANI). Kegiatan ini diikuti oleh berbagai Lembaga Kemahasiswaan Perikanan (LKP) dari berbagai kampus seluruh indonesia.
Kebetulan saya mendapatkan kesempatan bersama-sama dengan 8 orang peserta lainnya menjadi delegasi dari LKP Universitas Riau untuk mengikuti kegiatan tersebut.
sembilan orang LKP Universitas Riau ini bertolak dari pekanbaru menuju aceh satu hari sebelum kegiatan dimulai. hal ini dikarenakan untuk mengantisipasi kesehatan para delegasi pasca menempuh perjalanan yang panjang.
kedatangan kami di kampus Universitas Malikussaleh diiringi oleh kedatangan LKP dari universitas lain, kebetulan, pada saat itu ada sekitar 17 LKP / Universitas yang hadir untuk mengikuti agenda nasional tersebut.
sebagaimana rundown kegiatan yang telah diberikan panitia, Lokakarya dan advokasi perikanan nasional ini dibuka dengan Seminar Internasional yang menghadirkan tokoh-tokoh dunia perikanan khususnya, baik itu akademisi maupun pemerintah.
rangkaian agenda selanjutnya yakni Lokakarya Perikanan nasional dengan pemateri dari Kementrian Kelautan Perikanan, DPR RI, Dirut BUMN PERUMPERINDO dan Ketua Kesatuan Nelayan Tradisinal Indonesia.
agenda ketiga yakni Advokasi Perikanan Nasional, Kegiatan Ini dikemas dalam sebuah diskusi terkait peraturan-peraturan dan regulasi yang telah pemerintah terbitkan, serta permasalahan permasalahan Perikanan yang ada diindonesia. diskusi yang panjang dan rumit tersebut akan menhasilkan butir-butir rekomendasi yang akan diserahkan kepada Kementrian Kelautan Perikanan. Bukan hanya diskusi, advokasi ini juga dilaksanakan dengan aksi turun kelapangan untuk bertemu dengan para nelayan khususnya nelayan aceh.

terselip juga kegiatan aksi bersih pantai, pasca kegiatan advokasi dengan para nelayan di aceh,

Agenda selanjutnya yakni Serangkaian temu ramah dengan pihak penyelenggara yaitu universitas malikussaleh dibarengi dengan makan bersama.

agenda penutup adalah fieldtrip atau jalan-jalan, fieldtrip kali ini bertemakan sejarah aceh, yaitu berkunjung keberbagai tempat bersejarah, seperti makam para pahlawan dll.

























No comments:

Post a Comment

Advertisement

Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, mati masuk surga,.. InsyaAllah

Popular