Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, meninggalkan dunia untuk surga,.. InsyaAllah

maritime tourism, Historical heritage and cultural resource in Suak Gual, Indonesia (wisata bahari, sejarah dan budaya di pulau mendanau bangka belitung )

Pesona mercusuar tanjung lancor dari laut Pesona pariwisata dan khasanah alam budaya memiliki prospek yang cukup potensial untuk me...

Jenis-Jenis Mesin Jahit ( Type of Sewing Machine)


Pada umumnya mesin jahit terbagi dalam beberapa jenis, tipe, dan diperuntukan sesuai pekerjaannya. Mesin jahit dibagi dalam beberapa jenis, mengikuti perkembangan jaman adibusana. Umumnya dibagi menjadi tiga jenis :

1. Mesin Jahit Classic/Tradisional 

Jenis mesin jahit tradisional, banyak dikenal karena hampir semua penjahit pernah mengguanakan mesin jahit jenis tersebut dan masyarakat pada umumnya sering menjumpai bahkan memiliki mesin jahit jenis ini dirumahnya. Awalnya mesin jahit ini hanya dapat dimanfaatkan untuk menjahit jahitan rantai. Disatu sisi jahitan rantai memang mudah lepas sehingga kurang bagus untuk menjaga keawetan pakaian. Namun penjahit tidak kehabisan akal, disini mereka membuat jahitan kunci dengan menggunakan dua benang yang sejajar. Akhirnya mesin jahit manual inipun bisa digunakan untuk menjahit jahitan dekoratif dan zigzag. Merk yang terkenal adalah Butterfly dan Singer.



2. Mesin Jahit High Speed ( Automatic dan Semi Automatic )

Mesin jahit high speed biasa dipergunakan untuk konfeksi-konfeksi (home industry) dan garment-garment menengah sampai atas. 
Mesin jahit high speed 80% digunakan di perusahaan-perusahaan besar karena produksinya yang sangat banyak dan tidak akan terkejar dengan mesin jahit classic.
Baik dari segi kecepatan maupun akurasi keinginan detail-detail produksi sangat berbeda, karena mesin jahit high speed dirancang untuk pekerjaan-pekerjaan berat dan kuantitas banyak.
Tidak menutup kemungkinan pada jaman sekarang mesin high speed pun banyak dipakai oleh konveksi rumahan juga. Karena banyaknya permintaan barang yang cukup besar dan subcon-subcon/makloon yang banyak dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan garmen. Perusahaan tentu mengeluarkan dengan kriteria khusus/workshett yang ditetapkan ke pemakloon tersebut guna tercapai kualitas dan kuantitas yang di inginkan perusahaan kepada makloon/subcon.




3. Mesin Specials 

a. Mesin Obras / Overlock

Mesin ini cocok untuk overclocking dan overedging bahan ringan dan menengah pelumasan secara otamatis dan kinerja yang sangat baik low sewing tension, jahitan rapih dan indah. Dalam penerapannya di usaha konfeksi, Mesin obras biasanya dipakai untuk menjahit/menggabung badan depan dan belakang dalam kemeja,kaos dan produk lainnya. Untuk merk yang sering dipakai Juki,Typical,Yamata, Brother.



b. Mesin Lubang dan Pasang Kancing 

Mesin jenis ini kegunaannya untuk membuat jahitan dalam lubang kancing dan pada beberapa tipe bisa digunakan sekaligus untuk memasang kancing. Model, tipenya, ukurannya dan harganya juga bermacam-macam, sehingga sangat efektif dan efesien dalam melakukan pekerjaan.



c. Mesin Jahit Jarum Dua Rantai (Distro) 

Mesin ini mengadopsi mekanisme tipe jarum feed mechanism, mengambil dan menangkap untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai, yang tegas dan elastis, cocok untuk jahitan biasa dan jahitan dekoratif, pakaian dalam, pakaian berbahan dasar kaos, bedcover dan kulit. Ada lima jenis alat ukur yang tersedia untuk seleksi. Penerapan dalam konveksi biasanya untuk menjahit pundak agar terlihat lebih rapi dan kuat. 



d. Mesin Jahit Overdeck 

Mesin ini mengadopsi sistem pelumasan otomatis tertutup yang lengkap, drive utama mengadopsi timing belt untuk menjamin kecepatan tinggi dan mengurangi kebisingan. Mesin jahit jenis ini harus di service secara khusus, untuk meningkatkan kapasitas ketahanan aus nya. Model dasar dari mesin ini dapat membentuk dasar menjahit dan tingkat lanjut. Mesin ini biasanya digunakan khusus untuk membuat pakainan berbahan dasar kaos, tetapi dapat juga digunakan untuk menjahit ritsleting nilon dan scallop.



No comments:

Post a Comment

Advertisement

Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, mati masuk surga,.. InsyaAllah

Popular