Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, meninggalkan dunia untuk surga,.. InsyaAllah

maritime tourism, Historical heritage and cultural resource in Suak Gual, Indonesia (wisata bahari, sejarah dan budaya di pulau mendanau bangka belitung )

Pesona mercusuar tanjung lancor dari laut Pesona pariwisata dan khasanah alam budaya memiliki prospek yang cukup potensial untuk me...

peran Iman dan Taqwa (Agama) dalam mewujudkan peradaban Bangsa. Pentingkah ?


Negara-negara maju yang katanya menerapkan sekulerisme seperti jerman dan negara maju lainnya, undang-undang yang berlaku disana berasal dari nilai-nilai agama Kristen, misalnya, di Eropa, khususnya Jerman, dahulu masyarakatnya mengembangkan Injil, Pada saat revolusi Industri , manusia mulai keluar dari batas-batas dogmatis, Martin Luther telah membawa suatu perubahan dengan berani menerjemahkan Injil ke bahasa Jerman sehingga bangsa jerman dapat mmengetahui pengetahuan yang ada didalam injil. Sekulerisme disini yang dimaksud dapat diartikan adanya pertanggungjawaban didunia dan akhirat, oleh sebab itu petingnya iman dan taqwa bangsa indonesia, kata "pembukaan" dalam UUD 1945 merupakan filosofi dari setiap orang di Indonesia atas kesadaranya tinggal diatas Bumi peradaban  Indonesia.


Secara Kultural masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang berke -Tuhanan Yng Maha Esa. Asa ini menurut Soenarto memberikan kemungkinan bagi hidupnya pluralisme beragama yang memang telah lama hidup di Indonesia sekaligus menolak adanya atheisme dan komunis. Disamping itu Ketuhanan Yng Maha Esa juga merupakan sumber dari tumbuhnya asas perikemanusiaan.

iman dan taqwa (imtak) dan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) merupakan persyaratan minimum yang harus dimiliki untuk mewujudkan peradaban bangsa Indonesia. dengan cara ini kita mampu mengembangkan, menggerakkan, dan mengendalikan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.
penguasaan iptek menjadi penting. kenapa ? 
Pertama, adalah kita harus menimbulkan kemajuan dalam tubuh kita sendiriyang sesuai dgn derap langkah dan dinamika yg berkembang di wilayah Asia Paisifik. Kedua, apakah kita mampu untuk memanfaatkan potensi kekayaan alam yang terdapat di Tanah air dalam jumlah besar ?. Ketiga, apakah kita mampu menyediakan kesempatan kerja yg memadai untuk angkatan kerja kta yg setip tahun meningkat 2% ?

Proses pembudayaan melalui tranformasi nilai tidak selalu positif hasilnya, atau mampu membangun keunggulan manusia guna membangun peradabannya, bahkan juga sebaliknya. inicdisebabkan transformasi yang dilakukan tanpa dibekali oleh iman dan takwa serta iptek.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, mati masuk surga,.. InsyaAllah

Popular