Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, meninggalkan dunia untuk surga,.. InsyaAllah

maritime tourism, Historical heritage and cultural resource in Suak Gual, Indonesia (wisata bahari, sejarah dan budaya di pulau mendanau bangka belitung )

Pesona mercusuar tanjung lancor dari laut Pesona pariwisata dan khasanah alam budaya memiliki prospek yang cukup potensial untuk me...

biaya dan Pembuatan Surat Keterangan Sehat, Bebas Narkoba dan Tatto di Rumah Sakit Pemerintah



Surat keterangan Sehat dan bebas narkoba merupakan sebuah dokumen yang banyak diperlukan dalam berbagai hal. sebut saja syarat melanjutkan studi/pendidikan, membuat SIM, melamar kerja, mendapatkan beasiswa, kegiatan-kegiatan skala nasional dan masih banyak lagi.

ada beberapa institusi/ yang biasanya telah menetapkan dimana kita harus mendapatkan surat-surat tersebut (Rumah sakit pemerintah). namun mirisnya,  ada beberapa orang yang bingung tentang rumah sakit pemerintah. saya tidak akan menjabarkan mengenai definisi rumah sakit pemerintah, karena itu tidak akan membuat kebingungan itu hilang. namun contoh RS pemerintah itu adalah RSU/RSUD, RS Bhayangkara, RS TNI, RS BUMN ( RS Pertamina ).
syukur alhamdulillah apabila tidak ada penetapan RS, artinya kita bisa membuat surat keterangan sehat dimana saja, seperti klinik terdekat, puskesmas, rumah sakit swasta dll.

mengenai biaya pembuatannya sendiri bervariasi, berkisar antara 20 sampai dengan 50 ribu ( rata-rata 30 ribu)

nah, bagaimana kalau proses pembuatan dan biaya surat-surat tersebut di Rumah sakit pemerintah ?
berikut prosedurnya :
 saya mengambil sampel pembuatan surat di RSUD Tengku Rafi'an ( RSUD Siak)
1. peserta datang dan parkir ditempat yang sudah disediakan , parkir motor di sebelah kiri dari pintu masuk, parkir mobil didepan rumah sakit.
2. peserta masuk dan mengambil nomor antrian di meja informasi. meja informasi berada disebelah kanan.
3. peserta yang telah mendapatkan nomor antrian duduk di kursi yang telah disediakan untuk menunggu dipanggil ke meja pendaftaran. RSUD ini memiliki 3 meja pendafaran ( meja 1 untuk ibu hamil dan anak, meja 2 dan 3 untuk umum dan semua usia) peserta akan dipanggil ke meja 2 atau 3.
4. peserta akan di interview ttg tujuannya ke RS, setelah itu akan diberi kwitansi pendaftaran poli umum ke kasir ( biaya 7000)
5. setelah proses pembayaran selesai dan lunas, peserta akan diarahkan ke ruangan MCU ( Medical chek up)  ruangan ini berada di pintu pertama lorong sebelah kiri dari pintu masuk.
6. dalam ruangan tersebut apabila dokter yang menangani sedang stay maka peserta akan langsung diperiksa. apabila dokter sedang menangani pasien lain maka silahkan menunggu untuk dipanggil.
pemeriksaan yang dilakukan antara lain ( tes buta warna, tekanan darah, cek berat badan dan tinggi badan, golongan darah) untuk pemeriksaan bebas tato, peserta harus melepaskan pakaian ( baju dan celana). ( biaya 9000 )
7. selesai dari ruangan medical chek up, peserta akan diarahkan menuju gedung/ruang laboratorium yang berada  sebelah kanan gedung paling belakang rumah sakit(pembuatan bebas narkoba). masuk dan lakukan pendaftaran di ruangan pendaftaran dan menunggu panggilan. peserta akan dipanggil ke ruangan untuk pengambilan sampel urine. setelah itu peserta diberi kwitansi dan diarahkan untuk kembali ke meja kasir untuk membayar biaya laboratorium sambil menunggu tes laboratorium selesai. dari kasir peserta kembali ke laboratorium dan menyerahkan kwitansi ke ruang pendaftaran. dan menunggu hasil lab. ( biaya 216.000)
8. apabila hasil lab sudah ditangan, peserta kembali lagi ke ruang MCU. dari ruang MCU peserta akan diarahkan menuju ruang klinik umum ( lantai 2 sebelah kanan, pintu kedua) untuk mencetak dan mengambil surat keterangan.
9. surat keterangan sudah ditangan, maka peserta kembali lagi ke ruang MCU dan Laboratorium untuk ditanda tangani oleh dokter pemeriksa.
10. surat keterangan yang telah ditandatangani dokter dibawa kembali ke ruangan di lantai 2 untuk proses stempel sebagai proses terakhir dalam pembuatan surat keterangan sehat, bebas narkoba dan tatto.
11.  selesai.

total biaya
Poli umum : 9.000
surat sehat : 7.000
narkoba    : 216.000

total : 232.000

1 comment:

Advertisement

Hijrah Hati menuju taqwa, menelusuri jejak sang idola, kecil dibina, remaja terjaga, muda bersahaja, keluarga bahagia, tua sejahtera, mati masuk surga,.. InsyaAllah

Popular